Beranda > Uncategorized > Kabel UTP ( Unshieled Twisted Pair )

Kabel UTP ( Unshieled Twisted Pair )

Kabel UTP yang biasa digunakan adalah kabel yang terdiridari 4 pasang kabel yang terpilin. Dari 8 buah kabel yangada pada kabel ini, hanya digunakan 4 buah saja untukdapat mengirim dan menerima data (Ethernet). Perangkatlain yang berkenaan dengan penggunaan jenis kabel iniadalah konektor kabel UTP (RJ-45) dan HUB/SWITCH.
Ada beberapa klasifikasi kabel yang digunakan untuk jaringan twisted-pair , tapi yang paling populer adalahCategory 5 (CAT 5). Masih ada beberapa klasifikasi untukCAT 5 ini, untuk pemakaian biasadigunakan CMR Cable. Kabel CAT 5 dijual dalam bentuk rol didalam karton berlubang untuk memudahkan penanganannya.
Pada ujung-ujung kabel CAT 5 ini dipasangkan konektor yang dikenal sebagai konektor RJ-45(RJ dari kata ‘Registered Jack’). Konektor RJ-45 ini mirip dengan konektor pada kabel telepon (RJ-11). Bila pada kabel telepon menggunakan tiga pasang kawat, makakabel network inimenggunakan Empat pasang .
Ada dua macam pemasangan yang menghasilkan ‘Ujung A’ (End A) dan ‘Ujung B’ (End B).Urutan pemasangan kawat pada konektor yang dikenal sebagai End A dan End B ini padadasarnya adalah standar EIA568A dan EIA568B. Kabel CAT 5 yang kerdua ujungnya adalah UjungA disebut sebagai straight-through cable (kabel langsung), sedangkan bila yang satu Ujung Adan yang lainnya Ujung B dinamakan cross-over cable (kabel silang).
Apabila ingin menghubungkan dua komputer langsung tanpa menggunakan hub dengankabek network, maka yang diperlukan adalah cross-over cable. Hubungan computer denganmenggunakan hub memerlukan straight through cable. Sebenarnya pada kabel CAT 5 tidaksemua kawat terpakai. Hanya kawat yang terhubung pada pin nomor 1, 2 ,3 dan 6 yang terpakaisedangkan kawat yang terhubung pada pin nomor 4, 5, 7 dan 8 tidak terpakai.
-Kabel UTP mempunyai ciri :
a.PELINDUNG INTERFERENSI:tidak ada
b.MAKS. BANDWITH:100 Mbps
c.MAKS. KABEL:100 meter
d.SOKET:RJ-45 (RJ = Registered Jack)
e.BIAYA:murah
f.TOPOLOGI FISIK:Star, Extended Star, Tree
g.INSTALLASI:Mudah
-Beberapa Kategori (CAT) Kabel UTP :
TIPE PENGGUNAAN
CATEGORY 1 Voice (Kabel Telepon)
CATEGORY 2 Data dengan bandwith hingga 4 Mbps (Local Talk)
CATEGORY 3 Data dengan bandwith hingga 10 Mbps (Ethernet)
CATEGORY 4 Data dengan bandwith hingga 20 Mbps (16 Mbps Token Ring)
CATEGORY 5 Data dengan bandwith hingga 100 Mbps (Fast Ethernet)
-Fungsi:
Sebagai contoh penggunaan kabel UTP untuk sehari-harinya adalah digunakan untuk LAN dankabel telpon. Salah satu alasan utama kenapa jenis kabel UTP ini sangat popular dibandingkandengan jenis kabel lainnya adalah karena penggunaan Kabel UTP sebagai kabel telpon. Karenabanyak gedung menggunakan kabel ini untuk sistem telepon dan juga biasanya ada kabel extra yang
Dipasang untuk memenuhi pengembangan di masa mendatang. Karena kabel ini juga bisadigunakan untuk mentransmisikan data dan juga suara, maka menjadi pilihan untukmembangun jaringan komputer. Yang membedakan antara telpon dengan komputer dalam halpenggunaan kabel UTP ini adalah terletak pada jack-nya atau konektornya. Pada komputerdigunakan RJ-45, yang dapat menampung 8 koneksi kabel sedangkan pada telpon digunakan RJ-11, dapat menampung 4 koneksi kabel dan ukurannya lebih kecil. Lebih jelasnya bisa dilihatkoneksi dari telpon anda yang menggunakan RJ-11.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s