Cara Mengatur Konfigurasi DOS

Cara Mengatur Konfigurasi Sistem DOS

Kapan kita membutuhkan konfigurasi DOS? Konfigurasi sistem DOS dilakukan bila sistem yang telah ada tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam hal ini komputer berguna untuk membantu kerja manusia, bukan malah sebaliknya membuat ribet. Oleh karena itu, diperlukan konfigurasi sistem yang tepat berdasarkan kebutuhan. Jenis perintah dan manfaatkan yang bisa kita dapatkan dari pengaturan konfigurasi sistem adalah:

  1. Mengubah cara penulisan tanggal dan jam yang sesuai dengan suatu negara.
  2. Untuk memperbesar ukuran cadangan memori di dalam komputer.
  3. Untuk memberitahu komputer bila akan digunakan tambahan peralatan.
  4. Untuk meningkatkan kemampuan kerja keyboard dan monitor.

Konfigurasi sistem DOS diatur dalam sebuah file yang diberi nama CONFIG.SYS. Untuk menjalankan konfigurasi sistem DOS, file ini harus berada pada disket sistem DOS yang digunakan untuk melakukan booting. Beberapa perintah untuk mengatur konfigurasi sistem DOS antara lain:

1. FILES

Inilah perintah konfigurasi yang digunakan untuk mengatur jumlah file yang dapat dibuka sekaligus pada saat bersamaan. Bentuk penulisannya adalah: Files=n. n adalah jumlah file yang dimaksud.
Contoh: untuk program Wordstar dibutuhkan jumlah FILES paling sedikit 30 sehingga perintah ini menjadi FILES=30.

2. BUFFER

Perintah konfigurasi yang dipakai untuk menentukan memori cadangan komputer. Bentuk penulisannya adalah BUFFERS=n. n adalah jumlah blok memori dengan catatan 1 blok=528 bytes.
Contoh: untuk program Wordstar diperlukan jumlah buffer paling sedikit 20 blok sehingga perintah ini menjadi BUFFER=20.

3. DEVICE

Perintah konfigurasi yang digunakan untuk memberitahukan bila digunakan tambahan peralatan (driver) pada komputer. Jika perintah ini diberikan nama file driver akan dibaca dan dimasukkan ke dalam RAM. Bentuk penulisannya adalah: DEVICE=driver. Dengan catatan driver adalah nama file yang akan didefinisikan.

  1. November 22, 2012 pukul 10:34 pm

    This is certainly a weblog that men and women should get behind. The dilemma is, nobody desires to do a great deal of reading and not have something else to stimulate the mind. This will be the internet, after all. Perhaps if you added a video or two to emphasise your point. Ill stick around, FOR Positive. But, I dont know if others will.

  1. Januari 18, 2013 pukul 12:27 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s