Instalasi Aplikasi Database SQL Server 2000 Visul Basic 6.0

Sebelum Anda belajar menggunakan perintah-perintah pada SQL pada SQL Server, maka Anda harus menginstall apliaksi tersebut terlebih dulu. Adapun SQL Server yang digunakan adalah SQL Server 2000 Personal Edition dengan Visual Basic 6.0.

cara instal my sql

Cara install SQL Server pada sistem Windows

Berikut ini adalah langkah-langkahnya cara install SQL Server pada sistem Windows

  1. Langkah pertama, masukkan CD Master SQL Server ke dalam CDROM komputer Anda. Kemudian carilah dengan menggunakan fasilitas Windows Explorer file setup.exe atau file autorun.exe pada drive CDROM Anda. Lalu klik dua kali file tersebut sehingga muncul tampilan setup dialog.
  2. Kotak dialog Welcome akan muncul, menginformasikan bahwa proses instalasi akan segera dimulai dan Anda diperbolehkan untuk melakukan spesifikasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan proses installasi.
  3. Lalu kotak dialog Computer Name akan muncul dan Anda diminta untuk memilih instalasi lokal atau instalasi remote. Jika Anda ingin melakukan instalasi remote, maka Anda perlu mengisi nama komputer yang akan diinstal. Tetapi jika Anda memilih instalasi lokal maka nama komputer lokal akan terisi secara otomatis. Pilih Local Computer pada option, kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  4. Berikutnya, kotak dialog Instalation Selection akan muncul. Pilih Create a new instance of SQL server, or install client tool dan kemudian klik Next untuk melanjutkan.
  5. Selanjutnya kotak dialog User Information akan muncul. Masukkan nama dan perusahaan pada kotak isian Name dan Company. Kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  6. Kemudian akan muncul kotak dialog Software Licence Agreement dan Anda harus menyetujuinya jika Anda ingin menggunakan software ini. Tekan tombol Yes untuk melanjutkan.
  7. Langkah selanjutnya adalah menentukan nomor seri program atau sering disebut Serial Number. Untuk mengetahui berapa serial numberdari program SQL Server 2000 tersebut Anda harus masuk dulu pada bagian Master SQL Server. Lalu cari file yang ditulis dengan menggunakan Notepad pada umumnya filenya bernama Serial Number. Atau untuk mempermudah pekerjaan Anda, sebelum melakukan proses penginstalan program, Anda mencatat terlebih dulu nomor serinya. Setelah selesai menulis nomor seri program, tekanlah tombol Next untuk melanjutkan.
  8. Berikutnya muncul kotak dialog Instalation Definition yang memberikan pilihan instalasi. Pilih option Server and Client Tools dan kemudian klik Next untuk melanjutkan.
  9. Kotak dialog Instance Name akan muncul. Anda cukup menggunakan default instance name dengan memilih Default. Setelah itu tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  10. Selanjutnya, kotak dialog Setup Type muncul. Pilihlah custom pada kotak pilihan agar Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Instalasi Typical menyertakan semua pilihan kecuali Development Tools dan Full-text Search Option. Instalasi Custom mengijinkan Anda untuk menambahkan option-option tersebut, termasuk untuk menghapus beberapa option yang tidak Anda inginkan. Instalasi Minimum tidak ada fasilitas Upgrade Tool, Book Online, dan Management Tool Option. Tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  11. Lalu kotak dialog Select Components akan muncul. Pilih komponen yang Anda butuhkan beserta sub komponennya. Jika Anda telah memilih komponen-komponen yang Anda butuhkan, kemudian tekan Next untuk melanjutkan.
  12. Kemudian kotak dialog Service Account akan muncul. Jika Anda menginstal SQL Server pada Stand Alone Workstation, pilihlah option Use the Local System Account. Namun jika ingin berbasis multi user, Anda harus memilih option Use a Domain User Account. Lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  13. Selanjutnya, kotak dialog Authentication Mode muncul. Kotak dialog ini digunakan untuk menentukan level security SQL Server Installation. Anda dapat memilih Windows Authentication Mode, semua user boleh mengakses ke database yang diwarisi oleh Windows User Security Setting. Jika Anda memilih Mixed Mode, Anda harus mengatur password untuk pengguna, atau SQL Server System Administrator. Atau Anda dapat memilih untuk meninggalkan password ini tetap kosong. Setelah Anda memilih Authentication Mode, tekan tombol Next untuk melanjutkan instalasi.
  14. Muncul kotak dialog Collation Setting, pilihlah SQL Collations (User for compatibility with previous version of SQL server) yang berguna untuk menjadikannya kompatibel dengan versi sebelumnya. Tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  15. Kotak dialog Network Libraries muncul. Kotak dialog ini digunakan untuk memilih protokol yang akan digunakan dalam jaringan. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda selesai menentukan protokol apa saja yang akan digunakan, tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  16. Selanjutnya muncul kotak dialog Start Copying Files. Tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  17. Proses instalasi akan berlangsung. Tunggulah sampai proses instalasi itu selesai, yaitu sampai muncul kotak dialog Setup Complete.

Selanjutnya Anda harus me-restart komputer setelah proses instalasi selesai. Tekan tombol Finish untuk me-restart komputer.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s